RSS

Nama Restoran Terfavorit di Sumbar-Wajib di Kunjungi

10 Jan

Berikut adalah nama-nama restouran terfavorit di Sumatera barat yang wajib anda kunjungi:

1. Restoran Pauh di Pariaman

Resto ini sama seperti restoran Pauh yang ada di Kota Padang, kenapa saya bahas lagi Pauh ini? Karena gulai ikan yang amat sangat sangat sedap itu, jangan lupa minta kepala ikannya buat yang gila ikan, serta minta emping disiram sama kuah ikan tersebut, sebenarnya di Kota/Kab Pariaman ini terdapat beberapa buah jaringan Pauh ini, salah satunya ada di kota Pariaman sekitar 2 ratus meter menjelang pasar Pariaman, dekat simpang galombang. Lalu ada lagi di dekat pasar juga, dekat POM bensin, kemudian ada lagi di dekat kampuang dalam (jalan meuju ke Sei. Limau/Tiku. Tetapi sayang restoran aslinya (lokasi asli maksudnya) yang ada di Desa Pauh Pariaman (dekat jembatan) ini sudah tinggal kenangan, walaupun begitu para cloningnya juga paten.

2. Ketupat Gulai Paku/Pakis dan Sate Pariaman
Tempat ini terdapat di Pasar Kurai Taji Kota Pariaman, nikmatilah rasa gulai paku ini dan satenya yang lezat.

3. Restoran Ikan Bakar di arah Simpang/Jalan Tembok Bukittinggi

Tempat ini menjual ikan bakar yang lezat, lokasi rumah makan ini tepatnya saya tidak tahu tapi coba anda susuri saja Simpang/Jalan Tembok yang menuju ke pacuan kuda/ ke Medan, setelah lampu merah (simpang empat) pertama dari simpang tembok itu sebelah kiri jalan yang menuju ke pacuan kuda.

4. Restoran Kayu Aro Solok

Restoran ini terletak di sebelah kantor Bupati Kab Solok di daerah Aro Suka, tepatnya sebelah kanan jalan dari Padang ke Solok, cobalah dendengnya yang lezat dan berbagai lauk lainnya disertai dengan pemandangan perbukitan yang indah dan sejuknya udara, di jamin akan membuat anda betah di sana.

5. Restoran Dendeng Baracik H. Emmy Solok
Cobalah kelezatan dendeng yang diracik dengan air kelapa ini, sedapnya akan membuat anda lupa berapa potong dendeng yang anda habiskan (hati-hati kolesterol, walaupun potongan dendeng itu kecil-kecil tapi dijamin lezat), disitu juga tersedia penganan khas Minang seperti bubur Kampiun, Ketan Hitam, dll. Letaknya masih di Kab Solok tepatnya di kecamatan Talang/Gunung Talang, tidak berapa jauh dari SMP Talang, di sebelah kanan jalan menurun yang menuju Solok dari arah Padang. Harganya nggak mahal tapi karena kelezatannya mungkin anda harus membayar banyak, sedemikian banyaknya anda “batambuah”. Juga ada resto yang lebih dekat ke kota Solok yaitu resto Meri, di dekat wilayah Koto Baru, ikannya nikmat, jangan lupa juga anda pesan kerupuk singkongnya yang lezat.

6. Restoran Pergaulan di Bukittinggi/Payakumbuh

Cobalah ayam batokok (dihancurkan tulangnya) khas resto Pergaulan ini, juga lauk lain yang tak kalah lezatnya, letaknya yang di Bukittinggi ada di Padang Luar, sedangkan di Payakumbuh ada di Pasar Payakumbuh.

7. Restoran Lubuk Idai di Kab Pariaman/Kab Pasaman Barat.

Lagi-lagi Lubuk Idai, tapi memang Ikan Bakarnya yang dicampur dengan gulai kecapnya yang lezat memang membuat tempat ini tidak bisa diremehkan. Walaupun mereka agak kerepotan menjaga rasa dan kecepatan pelayanan dalam hal “mass production”, (karena memang restoran ini dipadati lumayan banyak orang), tetapi menimbang harganya yang cukup murah dan minuman, cabe, serta sambal serta lauk lain yang juga sedap, juga tempatnya yang luas dan nyaman (ini perlu dijadikan salah satu referensi penting kalau cari resto) bolehlah resto ini, o iya lokasinya ada sekitar 1 kilometer menjelang Sicincin dari arah Padang (yang di Pariaman) dan lalu kalau di Pasaman Barat ada di kota Simpang Empat.

8. Restoran Soto Paru/Rabu Muaro Kalaban dan Restoran Keluarga Sijunjung

Letak resto ini di Muaro Kalaban, tepatnya saya tidak tahu karena ini informasi dari teman, tetapi orang yang mudik ke arah Sawahlunto/Sijunjung (Silungkang misalnya), kelihatannnya harus mencoba resto ini. Di kota Muaro Sijunjungnya anda akan menemui restoran Keluarga yang cukup enak.

9. Restoran Dendeng Batokok Muaro Kalaban Sijunjung
Letak resto (ada beberapa resto di sana yang menjual dendeng ini) juga di Muaro Kalaban, dendeng batokoknya sedap dicampur dengan minyak dan cabe yang gurih-gurih pedas, sebenarnya resto ini ada juga di Kota Padang tepatnya di dekat rel kereta api Simpang Haru tetapi, saya nggak rekomendasikan tempat ini karena letaknya di Simpang Haru yang kurang representatif (ini hanya pendapat pribadi saya, tetapi kalau anda perhatikan daerah Simpang Haru tersebut anda akan tahu alasannya), juga rasa dendeng batokoknya kurang sedap dibanding di Muaro Kalaban.

11. Sate Mak Syukur di Padangpanjang
Sate ini lumayan jadi legenda di Padangpanjang, memang ada beberapa cabang termasuk di luar kota Padangpanjang, tapi saya sarankan pergi yang lokasi aslinya yang paling legendaris di Pasar Padangpanjang.

12. Miso/Bakso with Net Chips Padangpanjang
Elo-elo tau Net Chips kan? Bukan kerupuk kayak jaring yang seperti Taro itu, tapi emang kerupuk jaring/jengkol khas Minang yang katanya sedap itu (buat gue sih biasa aja, biasa ngabisin 40 puluh bungkus sehari hahaha, hi An Kaliang I hope you read this blog, and see how crazy you were eat that 40 packs “kerupuak jariang” with only one glass of water, meanwhile there’s a lot of delicious food but that “kerupuak jariang”), dicampur ama testikelnya mas-mas Jawa, percampuran dua budaya yang letaknya ada di gerobak di Pasar Padangpanjang (di dekat pendakian di depan bioskop), sebelah kanan jalan raya Padang-Bukittinggi dari arah Padang, nikmat, apalagi miso/baksonya hangat yang bisa dipadu oleh udara dingin Padangpanjang.

13. Restoran Gumarang Padangpanjang
Resto ini ada di Pasar Padangpanjang, rendangnya enak, juga berbagai lauk lainnya, restoran ini juga cukup punya nama di Padangpanjang, orang kayak Boestanil Arifin (Mentri di jaman Harto) pernah ke sana. O iya sebelum anda mencapai Padangpanjang kan anda menemui air terjun Lembah Anai, di dekat sana ada juga resto yang jula dendeng yang sedap (sebelah kanan jalan raya Padang-Bukittinggi dari arah Padang, gue lupa namanya), juga jangan lupa cari perkedel jagung yang gurih di sekitar areal air terjun tersebut.

14. Restoran Gondangdia Maninjau
Tempat ini letaknya ada di Pasar Maninjau dekat Maninjau Indah, khas dari resto ini adalah Rinuak atau ikan kecil -kecil dari Danau Maninjau, cobalah berbagai hidangan rinuak yang sedap di resto ini di jamin anda tidak akan lupa rasa rinuak tersebut, hidangan lainnya juga cukup sedap, cobalah. Kalau anda ingin mencari palai/pepes rinuak, cari saja di Pasar Maninjau, tepatnya belakang resto ini. Resto ini juga telah buka cabang letaknya ada di dekat Masjid Bayur nan rancak dan megah, yang kabarnya dana pembangunannya didapat dari Mensos Bachtiar Chamsah, lokasinya ada di desa Bayur Maninjau, lokasi resto cabang ini saya tidak tahu pasti, tapi anda bisa tanya orang-orang di sekitar situ yang mana cabang dari Gondangdia tersebut.

15. Sate di Pasar Lubuk Basung

Makanan ini terletak di Pasar Lama Lubuk Basung, tepatnya disebrang BRI Lubuk Basung, letaknya di sebelah kanan jl Padang-Lubuk Basung dari arah Padang. Tidak jauh dari situ juga ada rumah makan (sebelah kiri jalan) yang sayangnya saya lupa namanya, makan disitu juga cukup asyik.

16. Restoran Pulau Tiram di Tiram Pariaman
Restoran ini terletak ini di jalan kecil ke arah Ulakan-Pariaman dari Padang- tidak jauh dari Bandara, letak restoran ini sebelah kiri jalan tersebut, menghadap ke pantai, Ikan Gulai dan Udang Gulai adalah andalan resto ini, ada beberapa resto seperti ini di Desa Tiram ini, tetapi anda cari yang paling ke dekat ke laut yang bernama Pulau Tiram, tempat itu yang nikmat hidangannya.

17. Restoran Sambalado dan Aie Badarun di Koto Baru Tanah Datar
Kedua restoran ini letaknya berhadap-hadapan di jl Padang-Bukittinggi tidak jauh dari Padangpanjang, resto ini sama-sama menghadirkan hidangankhas Minang, dendengnya sama-sama enak begitu juga lauk ynag lain, lokasi keduanya yang strategis dan menghadirkan pemandangan gunung Singgalang dan Merpai yang indah akan membuat kita betah, berada di sana. Sebagai tambahan informasi, di dekat lokasi ini tepatnya di desa Aie Angek, terdapat kios-kios sayuran organik, letaknya sebelah kiri jl Padang-Bukittinggi sebelum kedua resto di atas dari arah Padang.

18. Restoran Family Benteng, Simpang Raya, Limpapeh di Bukittinggi

Ketiga resto ini menguasai pusat kota Bukittinggi, Family terkenal dengan ayam popnya, juga lauk lain letkanya di jl Sudirman dan satu lagi di dekat benteng Fort de Kock, lalu Simpang Raya juga ada dua yaitu di jlSudirman dan di Pasar Atas, tepatnya di depan jam gadang, kemudian resto Limpapeh ada di bawah jembatan Limpapeh (Kp Cina) yang menghubungkan benteng dengan Kebun Binatang, Limpapeh terkenal dengan dendengnya. Lalu adalagi resto di garegeh, resto ini menjual ikan goreng yang nikmat, letaknya ada di wilayah Garegeh, tepatnya di sebelah kiri jalan Bukittinggi-Payakumbuh, tidak jauh dari mesjid Garegeh, cobalah ikannya yang digoreng kering dan lauk lainnya.

19. Restoran Lusi di Pesisir Selatan
Satu lagi resto yang menjual ikan yang nikmat, letak resto Lusi ini tepatnya di Salido, tidak jauh dari kota Painan,dan ada satu lagi resto di Painan, yang namanya sayang belum diketahui, letaknya ada di simpang pasar baru Painan, untuk anda yang mudik ke Painan tidak ada salahnya mencoba resto ini, juga bagi anda yang sedang menikmati alam Painan yang terkenal dengan bukit Langkisaunya itu.

20. Dua Restoran di Kota Batusangkar

Dua resto yang terkenal nikmat ini terletak di daerah Sungai Tarab, ke arah jalan Batusangkar-Baso-Payakumbuh, sayang informasi keberadaan resto ini kurang lengkap, tapi saya berjanji akan mengupdatenya sesegera mungkin. Di daerah Tanah Datar juga terdapat katupek pitalah yang letaknya ada di Pasar Desa Pitalah tepatnya di jalan menuju Singkarak.

21. Sop Talang

Menurut orang yang pengalaman makan sop yang berada di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok ini, sop ini memang lezat. Mungkin dipadu dengan hawa daerah ini yang berada di kaki Gunung Talang yang sejuk.sumber:bougemvilhotel.com

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Januari 2012 in Wisata Kuliner

 

Tag: , , , , , , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.027 pengikut lainnya.